Akreditasi Perpustakaan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta



26 Aug 2022




Perpustakaan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta pada 25 Agustus 2022 sampai dengan 27 Agustus 2022 menjalani kegiatan akreditasi perpustakaan. Akreditasi perpustakaan merupakan rangkaian kegiatan proses pengakuan formal oleh lembaga akreditasi perpustakaan nasional yang menyatakan bahwa lembaga perpustakaan telah memenuhi persyaratan untuk melakukan kegiatan pengelolaan perpustakaan. Asesor yang hadir pada kegiatan akreditasi kali ini adalah Drs. Supriyanto, M.S.I dan Dra. Mariana Ginting dari Perpustakaan Nasional RI serta Jeni Helen Chronika Sitorus, SH dari Perpustakaan Kemenkes RI. 

Kegiatan pembukaan dilaksanakan di Ruang Anne Casey pada Kamis pagi pukul 10.00 WIB. Hadir pada pembukaan kali ini Tim Asesor, Direktur POLKESYO beserta Wakil Direktur, Ketua Jurusan, Pengelola di Direktorat dan jurusan, seluruh Pustakawan di POLKESYO dan juga perwakilan dari civitas. Direktur POLKESYO pada sambutannya menyampaikan bahwa POLKESYO, khususnya Tim Pustakawan sudah menyiapkan kegiatan akreditasi ini setahun lebih. Harapannya dengan persiapan yang sudah cukup lama, Perpustakaan POLKESYO bisa meraih predikat A. 

Selesai acara pembukaan kegiatan dilanjutkan dengan dengan cek dokumen dan visitasi ke perpustakaan. Perpustakaan yang dikunjungi tidak hanya perpustakaan terpadu yang ada di direktorat tapi juga perpustakaan yang ada di jurusan. Selain perpustakaan, asesor juga mengunjungi Pojok Baca. Pojok Baca adalah salah satu program literasi yang diadakan perpustakaan untuk meningkatkan minat baca civitas maupun masyarakat pengunjung dengan menyediakan buku dan spot untuk membaca di area POLKESYO dan juga wilayah binaan POLKESYO. Salah satu Pojok Baca yang termasuk wilayah binaan POLKESYO adalah Pojok Baca di Desa Sukunan yang pada kegiatan visitasi ini juga dikunjungi oleh asesor.

Kegiatan akreditasi perpustakaan dilaksanakan selama dua hari. Harapan dari kegiatan ini tentu saja POLKESYO mendapatkan predikat A dan Perpustakaan POLKESYO dapat memberikan pelayanan yang prima bagi user.