Gladi Lapangan Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara (Outbond PKKMB 2022)



11 Aug 2022




Rabu Pon, 10 Agustus 2022. Poltekkes Kemenkes Yogyakarta telah berhasil melaksanakan kegiatan Gladi Lapangan Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara (Outbond PKKMB 2022) yang bertemakan “Penguatan ideologi dan Wawasan Kebangsaan untuk Menyongsong Transformasi Kesehatan”. Kegiatan ini merupakan salah satu dari serangkaian kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) 2022. Acara ini dilaksanakan secara Luring dan dihadiri oleh 952 mahasiswa baru reguler, panitia dan para tamu undangan. Adapun tujuan diadakannya kegiatan ini adalah sebagai bentuk upaya Poltekkes Kemenkes Yogyakarta untuk menanamkan sifat nasionalisme dan bela negara serta menambah wawasan kebangsaan bagi mahasiswa baru agar dapat menjadi bekal mereka dalam menempuh pendidikan untuk menuju tenaga kesehatan yang profesional.

Gladi Lapangan Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara (Outbond PKKMB 2022) kali ini diawali dengan pemberangkatan mahasiswa baru menuju lokasi kegiatan, yakni Bataliyon Armed 3 Magelang dan kemudian dilanjutkan dengan acara pembukaan dan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya.  Kegiatan ini diisi dengan ceramah terkait unsur dan sikap bela negara, terdapat pula latihan baris berbaris, halang rintang, dan parade merah putih yang diikuti dan dipraktekkan oleh seluruh mahasiswa baru. 

Kegiatan Gladi Lapangan Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara (Outbond PKKMB 2022) ini lalu ditutup dengan penampilan Flashmob yang meriah oleh seluruh panitia dan mahasiswa baru, dan dilanjutkan dengan pemulangan mahasiswa baru ke kampus jurusan masing-masing menggunakan armada bus.