kegiatan Pembukaan Kunjungan Studi Banding OSCE Jurusan Kesehatan Gigi dari Poltekkes Kemenkes Makasar



05 Sep 2022




Yogyakarta, 5 September 2022, POLKESYO menerima Kunjungan Studi Banding dari Poltekkes Kemenkes Makasar. Kegiatan penyambutan sekaligus pembukaan kunjungan dilaksanakan di Ruang Rapat Lantai 3 Gedung G. Maksud dan tujuan kunjungan studi banding ini, seperti disampaikan Ilham putra utama, SE sebagai perwakilan dari direktorat Poltekkes Kemenkes Makasar adalah untuk melihat spesifikasi, ruangan dan juga perlatan yang dibutuhkan untuk penyelenggaran kegiatan OSCE, karena saat ini di Poltekkes Kemenkes Makasar belum menyelenggarakan OSCE. Selain itu, seperti ditambahkan oleh Syamsuddin Abubakar, S.Sit, M.M.Kes selaku Ketua Jurusan Kesehatan Gigi Poltekkes Kemenkes Makasar, OSCE saat ini memegang peranan yang penting. Khusunya pada penilaian akreditasi dengan 9 kriteria, yang mana OSCE nilainya paling besar. Selama kegiatan studi banding nantinya, tim akan dibagi menjadi 2 kelompok. Tim 1 akan melihat keseluruhan laboratorium termasuk juga didalamnya ada laboratorium OSCE dan Tim 2 nanti akan melihat dan mencatat selain yang laboratorium, seperti perpustakaan sampai dengan ruang kelas pembelajaran.

Kunjungan kali ini diterima oleh Wakil Direktur I POLKESYO yang didampingi oleh Wakil Direktur III, Ketua Jurusan Kesehatan Gigi serta pengelola dari Direktorat dan juga dari Jurusan Kesehatan Gigi POLKESYO. Wakil Direktur I, Heni Puji Wahyuningsih, S.Si.T. M. Keb, pada sambutannya mengucapakan selamat datang kepada seluruh tim dari Poltekkes Kemenkes Makasar. Heni Puji Wahyuningsih, S.Si.T. M. Keb  menyampaikan sesama Poltekkes adalah saudara kandung, termasuk Poltekkes Kemenkes Makasar bagi POLKESYO. Kehadiran Poltekkes Kemenkes Makasar di POLEKSYO tentu akan memberikan banyak manfaat bagi kedua belah pihak. Termasuk salah satunya adalah menjalin silaturahmi yang baik diantara kedua instansi. Wakil Direktur I POLKESYO menekankan, proses kaji banding adalah proses ATM, proses untuk Amati Tiru dan Modifikasi untuk menghasilkan sesuatu yang lebih baik. Selain itu, OSCE saat ini memang merupakan isu terkini, isu yang penting untuk instansi pendidikan kesehatan. OSCE sudah masuk menjadi instrumen khusus di akreditasi program studi, yang menjadi poin penting pada akreditasi 9 kriteria. OSCE sendiri penerapannya tidak hanya untuk Program Studi Kesehatan Gigi, tetapi juga untuk seluruh program studi.

OSCE saat ini sedang digodok di pusat yang akan dikembangkan sebagai Model UKOM Nasional. Pelaksanaannya dibagi menjadi Uji Tulis menggunakan CBT dan pelaksanaan praktek menggunakan OSCE. OSCE di POLKESYO saat ini yang sudah berjalan adalah OSCE Jurusan Kebidanan, Jurusan Keperawatan, kemudian yang belum lama lahir OSCE Jurusan Kesehatan Gigi dan sedang proses untuk disiapkan adalah OSCE Jurusan Gizi. Sementara Jurusan Teknologi Laborartorium Medis dan Jurusan Kesehatan Lingkungan saat ini sedang disiapkan rancangan blueprintnya. Sehingga nanti bisa jadi catatan juga untuk Poltekkes Kemenkes Makassar sebagai bahan kaji banding.

Harapan dari kunjungan ini, disampaikan oleh Wadir I POLKESYO, salah satunya adalah untuk mendapatkan pengalaman pengembangan laboratorium OSCE di POLKESYO. Nantinya tim bisa bersama-sama melihat, sehingga mendapatkan pengalaman yang diharapkan sebagai bahan pengembangan laboratorium OSCE di Poltekkes Kemenkes Makassar. Berproses bersama, tumbuh bersama. Saling belajar dan saling berbagi.

Kegiatan pembukaan kemudian diakhiri dengan foto bersama, penandatangan berita acara kunjungan, penyerahan kenang-kenangan dan paparan dari Ketua Jurusan Kesehatan Gigi POLKESYO dan dilanjutkan dengan kegiatan kunjungan tim yang sudah disiapkan Poltekkes Kemenkes Makasar.