Pembekalan Calon Alumni POLKESYO



17 Sep 2022




Sebanyak 1.149 calon wisudawan POLKESYO pada Sabtu, 17 September 2022 telah mengikuti kegiatan Pemebekalan Calon Alumni yang digelar secara blended, luring bertempat di Graha Bina Husada Poltekkes Kemenkes Yogyakarta dan daring menggunakan zoom meeting. Kegiatan dihadiri oleh calon wisudawan, tim kemahasiswaan direktorat dan jurusan, tamu undangan dari Organisasi Profesi dan juga Narasumber dari Konsil Tenaga Kesehatan Indonesia. Tujuan dari kegiatan pembekalan ini, seperti disampaikan oleh Direktur POLKESYO, Joko Susilo, SKM, M.Kes,  salah satunya adalah untuk membekali calon lulusan agar segera mendapatkan hak dan kewajibannya sebagai tenaga kesehatan. Ini merupakan salah satu upaya perguruan tinggi institusi untuk mempercepat memberikan lahan kerja kepada lulusannya, dengan cara mempercepat terbitnya Surat Tanda Registrasi (STR) Tenaga Kesehatan. Apabila tidak dilakukan percepatan untuk mendapatkan STR, maka lulusan tidak akan bisa bekerja di sektor kesehatan.

Direktur menekankan bahwa jajaran pengelola ingin mempercepat proses tersebut. Syarat untuk mendapatkan STR sendiri adalah calon mahasiswa sudah lulus dan sudah mendapatkan ijazah serta sudah lulus uji kompetensi. Direktur dan jajaran sudah mempercepat proses untuk syarat penerbitan ijazah calon wisudawan, mempercepat proses penerbitan sertifikat kompetensi, transkrip nilai dan Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI).

Ada dokumen yang kewenangannya di institusi dan ada juga dokumen yang kewenangannya di organisasi profesi. Satu dokumen yang menjadi kewenangan organisasi profesi adalah Sumpah Profesi. Direktur menyampaikan proses sumpah profesi sepenuhnya diserahkan ke pihak organisasi profesi, POLKESYO nantinya akan bersurat terkait tindak lanjut peserta sumpah profesi dari POLKESYO. Hal yang juga ditekankan direktur pada kegiatan kali ini adalah, mahasiswa jangan menjadi tenaga kesehatan yang hanya cinta tanah lahir, tapi juga harus cinta tanah air. Karena sudah banyak daerah yang membutuhkan tenaga kesehatan, seperti misalnya di dareah Daerah Tertinggal Perbatasan dan Kepulauan (DTPK). Hal lain yang juga menjadi sorotan direktur, jumlah calon wisudawan kali ini, sebanyak 1.149 wisudawan adalah rekor wisudawan dengan jumlah terbanyak selama POLKESYO menyelenggarakan kegiatan wisuda.

Kegiatan inti dari Pembekalan Alumni kali ini adalah penyampaian materi yang disampaikan oleh Sekretaris Konsil Tenaga Kesehatan Indonesia, drg. Diono Susilo Yuskasran, MPH dengan tema Kebijakan & Tata Cara Penerbitan e-STR Tenaga Kesehatan. Selesai paparan materi kegiatan dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab. Baik peserta yang hadir luring maupun hadir secara daring, semua turut berdiskusi aktif mengenai materi yang disampaikan. Semoga dengan kegiatan ini, peserta memiliki bekal untuk terjun menjadi tenaga kesehatan. Selamat untuk calon wisudawan POLKESY,O yang kegiatan wisudanya akan dilaksanakan pada 27 September 2022.

Kegiatan Pembekalan Alumni kali ini juga bisa kembali disimak pada Kanal Youtube Polkesyo Official yang bisa disimak pada tautan berikut : Pembekalan Alumni.