PUSBANGDIKLAT POLKESYO Adakan Pelatihan Basic Trauma Cardiac Life Support (BTCLS)



22 Sep 2020




Yogyakarta – Pusat Pengembangan Pendidikan dan Pelatihan Politeknik Kesehatan Kemenkes Yogyakarta (Polkesyo) mengadakan Pelatihan Basic Trauma Cardiac Life Support (BTCLS). Pelatihan BTCLS Angkatan I dilaksanakan pada tanggal 7-12 September 2020, sedangkan Pelatihan BTCLS Angkatan II dilaksanakan pada tanggal 14-19 September 2020. Baik angkatan I maupun angkatan II semua pelatihan BTCLS ini sudah mendapatkan akreditasi dari puslat SDM BPPSDM Kesehatan dengan pengampuan dari BAPELKES Semarang.

Pelatihan Basic Trauma Cardiac Life Support merupakan pelatihan wajib yang harus dimiliki seorang perawat sebagai salah satu  prasyarat yang akan maupun yang sudah bekerja di rumah sakit dan Pusat kesehatan Masyarakat/PKM.

BTCLS bertujuan untuk memberikan pertolongan pada korban bencana atau gawat darurat guna mencegah kematian atau kerusakan organ sehingga produktivitasnya dapat dipertahankan sebelum terjadinya bencana atau peristiwa gawat darurat.

Kepala PUSBANGDIKLAT Polkesyo, Ida Mardalena, S.Kep., Ns., M.Si  mengatakan,  “Pelatihan ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan kualitas, kemampuan dan ketrampilan para tenaga perawat, terutama dalam menangani kasus kegawatdaruratan. Diharapkan, dengan pelatihan ini, peserta bisa melakukan pertolongan pertama pada kondisi gawat darurat dengan baik sehingga bisa diimplementasikan sesuai tugas dilapangan.”

Dengan diberlakukannya Masyarakat Ekonomi Asian (MEA) tahun 2015, BTCLS menjadi syarat mutlak bagi setiap pekerja kesehatan khususnya perawat di berbagai rumah sakit, Pusat Kesehatan Masyarakat/ PKM, maupun di perusahaan.

Dalam pelatihan Basic Trauma Cardiac Life Support (BTCLS) dilaksanakan praktiknya di Laboratorium mini hospital dan  Osce Class, Lt-3 Gedung Biru Polkesyo, kepala PUSBANGDIKLAT Polkesyo juga menyampaikan peserta pelatihan harus benar-benar mendapatkan kompetensi. Jadi, jangan hanya sekedar mengikuti pelatihan dan mendapatkan sertifikat saja.

Kegiatan pelatihan ini diadakan oleh PUSBANGDIKLAT menjadi beberapa angkatan, setiap angkatan  berlangsung selama enam hari. Untuk angkatan I mulai Senin-Sabtu (7-12 September 2020), sedangkan pelatihan BTCLS angkatan II dilaksanakan  pada tanggal 14-19 September 2020. Untuk angkatan III dan IV akan di laksanakan pada bulan Oktober 2020. Peserta pelatihan BTCSL diikuti oleh sejawat tenaga perawat lulusan Polkesyo tahun 2020, dimana setiap angkatan berjumlah 25 peserta.

Metode pembelajaran untuk  teori dilakukan melalui via Zoom, sedangkan untuk pembelajaran Praktik dilakukan secara tatap muka di kelas/ Skill Lab.  Kemudian, untuk materi Pelatihan meliputi :  Etik dan Aspek Legal Keperawatan gawat darurat, Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu (SPGDT), Bantuan Hidup Dasar, Penatalaksanaan Awal, Penatalaksanaan pasien dengan gangguan pernafasan dan jalan nafas, Penatalaksanaan pasien akibat trauma: kepala dan spiral, thorax dan abdomen. Penatalaksanaan pasien dengan gangguan sirkulasi , penatalaksanaan proses rujukan, dan Triage pasien.

Rangkaian pelatihan BTCSL diawali dengan pre-test, kemudian Ujian evaluasi baik teori maupun praktik dilakukan pada akhir kegiatan kelas BTCLS, dan diakhir pelatihan BTCLS dilakukan Post-test.